Duren Durian Duren

Siapa yang enggak kenal dengan buah berduri tajam satu ini. Duren ini salah satu makanan kesukaan selain manggis, sirsak, dan rambutan. Selalu dapat sensasi kalau makan ini buah. Kalau ada lomba makan duren mungkin gue orang pertama yang daftar untuk ikut lombanya. Mau menang atau kalah urusan belakangan yang penting makan aja dulu durennya hahaha ^.^

Pernah denger pepatah ini –> “Dimana anda berada, disitulah duren diserbu?” Ini pepatah khusus buat lo-lo penyuka duren. Kalau di tempat gue banyak orang jual duren, mulai dari duren asli sampai duren olahan. Beberapa tempat jual duren yang pernah gue samperin:

  1. Samping Mesjid Agung Cilegon, Banten. Bejejer tuh duren mulai dari duren montong sampai duren-durenan, yang rasanya ga karuan, ya intinya harus pinter-pinter milih durennya.
  2. Di komplek daerah rumah. Ada tuh yang jualan khusus buah-buahan. Itu duren kalau nyokap yang milih, MAKNYUS! Kalau bokap yang milih terima apa adanya, enak ga enak dimakan. Judulnya sih bukan menikmati duren lagi, tapi menghargai hasil pilihan bokap haha -,-
  3. Sop Duren, Warjok, Serang, Banten. Jaman SMA paling sering nih kesini sama temen-temen. Enggak cuma sop duren, tapi juga ada empek-empek, roti goreng dll. Untuk sop duren sendiri harganya Rp. 8.000,00 dan rasanya enak bangeeeet
  4. Durian jatohan H. Arif, Baros, Pandeglang, Banten. Durian jatoh ini enggak ada duanya 😀 Untuk di Bandung sendiri gue ga nemu yang namanya duren jatohan, bahkan beberapa temen gue enggak tahu maksud dari duren jatohan itu seperti apa -,-
  5. Enggak kalah nikmat itu, kalau udah pulang kampung ke Bangka Belitung, apalagi pulangnya pas lagi musim Duren. Beeeeeuh, udah mah gratisan karena kebunnya punya saudara, durennya mantep-mantep lagi. Andaikan kuliah libur setiap musim duren :”
  6. Semenjak kuliah udah jarang makan duren. Agak susah ya nyarinya. Sekalinya ada, pilihan durennya dikit dan tempatnya sepi. Tapi pernah tuh mau beli sarapan tiba-tiba ada babang duren nangkring depan kosan dan kebetulan ngidam setelah nyium baunya, akhirnya gue beli durennya dari harga Rp. 40.000,00 gue tawar Rp 25.000,00. Setelah dimakan, enak bangeeet. Nyesel sih durennya ditawar terlalu drastis -,-
  7. Es Duren Pak Aip, Jalan Tubagus Ismail 1 No. 1 Bandung. Pertama kali ke es duren ini diajak sama abang gue. Penyajiannya berbeda ternyata dengan sop duren di Warjok, Serang itu. Kalau ngidam duren biasanya langsung ke es duren Pak Aip ini 😀
  8. Beberapa minggu lalu, gw dapet kabar kalau ada jual macam-macam bubur sekitar kampus, dan pas gue kesana sama temen, ada doooong bubur duren dengan harga Rp. 12.000,00. Kalau ga salah itu bubur dari aceh deh, ga cuma bubur duren tapi juga bubur jali-jali, bubur jagung, dll.
  9. @belahdoeren, Jl. Trunojoyo no. 23, Bandung. Ini tempat duren yang gue singgahin barusan dengan teman gw @veganidia. Gue dapet info ini di timeline twitternya @kuliner_bandung. Belah duren ini menyajikan berbagai olahan duren mulai dari duren bakar, pancake durian, dll. Enak-enak bangeeeeeet. Sebenarnya yang bikin penasaran itu duren bakarnya, dan sebenernya lagi beruntung bisa nyobain olahan duren disini, enak-enaaaaak 😀 Ada beberapa menu yang belum dicoba disini, itu artinya mesti balik lagi buat nyoba menu lainnya muehehe
  • Beberapa postingan foto hasil dokumentasi. Check it out!

Image

Durian Jatohan Haji Arief, Baros, Pandeglang, Banten

Image

Es Duren Pak Aip, Jalan Tubagus Ismail 1 No. 1 Bandung

Image

Sop Duren Warjok, Serang, Banten

Image

@belahdoeren, Jl. Trunojoyo no. 23, Bandung

Image

6 thoughts on “Duren Durian Duren

Leave a comment